Pengalaman Mengerjakan TA : Chapter Menghadapi Ujian

Menghadapi ujian TA atau ada yang menyebut ujian pendadaran atau sidang TA tentu bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Meskipun berbagai persiapan sudah dilakukan namun rasa gugup biasanya masih saja ada. Entah gugup karena sudah siap atau gugup karena memang sudah tidak sabar menunggu saat-saat ujian. saking gugupnya tak jarang kemudian gangguan metabolisme datang menyerang, seperti pengen pipis terus, atau berkeringat. Yang jelas hal semacam ini memang wajar dan biasa terjadi.

Berdasarkan pengalaman saya menghadapi Ujian Tesis bulan juni kemarin, saya ingin sharing sedikit pengalaman saya dalam menghadapi ujian tersebut.

Menjelang Ujian

  • Persiapkan semua hal yang dibutuhkan untuk ujian, seperti Slide presentasi, naskah ujian, buku literatur yang dibutuhkan, laptop atau PC yang akan digunakan untuk presentasi.
  • Khusus untuk slide presentasi, buatlah slide presentasi untuk bagian-bagian yang anda anggap penting saja. Yang memang langsung ke pokok permasalahan yang sedang anda bahas. Jangan bertele-tele, karena biasanya jatah waktu untuk presentasi hanya beberapa menit saja.
  • Jangan memaksakan untuk melahap seluruh materi sehari menjelang ujian. Tetapi usahakan anda sudah mencicil untuk mempelajari kembali dan mempersiapkan semua materi yang anda prediksi akan ditanyakan.
  • Ada baiknya jika anda menonton atau melihat ujian TA orang lain. Untuk beberapa kampus, ujian TA boleh ditonton oleh mahasiswa lain. Sehingga anda bisa mempersiapkan diri dengan baik.
  • Akan lebih bagus lagi jika anda mempunyai teman atau partner yang bisa menemani anda untuk berlatih atau malakukan semacam simulasi ujian TA.
  • 1 hari menjelang Ujian sebaiknya mempunyai waktu yang cukup untuk beristirahat, sehingga pada saat ujian anda berada dalam kondisi fisik yang prima.

Pada saat Ujian

  • Usahakan untuk datang lebih awal dari waktu yang dijadwalkan. Sehingga semua persiapan bisa dilakukan dengan benar dan tidak terburu-buru.
  • Berdoalah sebelum anda mulai masuk ruang ujian . Jangan mengandalkan kemampuan anda sendiri. Tetapi percayakan apa yang anda akan jalani hanya karena mengandalkan kekuatan dari Sang Pencipta.
  • Persiapkan diri dengan baik, Berusahalah untuk tenang dan tidak gugup. Karena gugup bisa mengacaukan presentasi dan jawaban yang akan anda berikan kepada pada penguji. Ingatlah bahwa pada saat anda ujian, anda harus mempertahankan apa yang anda tulis dan anda kerjakan.
  • Usahakan agar suara anda bisa jelas terdengar dan tenang. Jangan terburu-buru. Pergunakan waktu presentasi sebaik mungkin.
  • Penguji akan yakin bahwa anda menguasai materi dan hasil penelitian anda memang layak jika anda memang bisa menjawab semua pertanyaan yang mereka lontarkan. Untuk itu berikan jawaban yang tepat dan sesuai pertanyaan. Jangan bertele-tele.Jika anda mengalami kesulitan dalam mencerna maksud pertanyaan menguji, anda bisa bertanya kembali apa maksud dari pertanyaan tersebut.
  • Jangan lupa mencatat semua masukan yang diberikan penguji. Untuk selanjutnya akan anda pergunakan untuk merevisi semua hal yang memang perlu direvisi sesuai denga masukan penguji tersebut.
  • Setelah ujian selesai dilaksanakan, jangan lupa mengucapkan terima kasih kepada para penguji dan akan lebih baik jika anda meminta nomor telepon penguji. Nomor telepon ini akan berguna pada saat anda akan melakukan bimbingan pada saat anda merevisi TA anda.
  • Mintalah semua informasi kepada petugas yang berwenang mengenai hal-hal yang harus anda lakukan setelah anda ujian TA atau prosedur yang harus dilakukan setelah ujian TA.

Setelah Ujian

  • Segera lakukan perbaikan atau revisi TA anda sesuai dengan masukan yang diberikan oleh para penguji. Jangan menunda.
  • Setelah perbaikan dilakukan, segera konsultasikan dengan para penguji dan dosen pembimbing anda. Sehingga perbaikan bisa segera terselesaikan.
  • Setelah semua perbaikan disetujui pembimbing dan penguji, segera lakukan prosedur atau hal-hal yang sudah anda ketahui dari petugas yang berwenang. Biasanya setelah ujian TA, langkah yang harus dilakukan adalah melakukan persiapan untuk wisuda.
  • Jika anda mengalami kebingungan atau kesulitan, jangan ragu untuk bertanya kepada teman atau petugas yang terkait.

Semoga pengalaman saya dalam mengerjakan TA ini bisa bermanfaat buat teman-teman semua.

~ oleh Thomas pada Juli 2, 2010.

34 Tanggapan to “Pengalaman Mengerjakan TA : Chapter Menghadapi Ujian”

  1. TA kayaknya momok banget yah banyak hal ini dan itu yang musti dan wajib harus dipersiapkan dan dilakukan

  2. Lama banget gak diupdate bro???

  3. sip deh.. makasih sarannya..
    Di tunggu kunjungan baliknya yah..

  4. ok deh.

    maen2 ya ke ahlitips.blogspot.com

  5. tips nya sangat bermanfaat akan sering kugunakan deh~

  6. salam kenal..sukses utk anda

  7. Daftar Harga Laptop terbaru

    Harga Laptop terbaru

    Drama Korea Terbaru

    Foto and Profile Artis Korea

    blog wallking

  8. thanks u very much………..

  9. jangan malu bertanya nnti sesat jalan huhu..

  10. kayaknya yg punya blog udah pindah rumah? Share ya alamat barunya…

  11. ehh, mas ko’ nggak ada kbr lagi, Sibuk banget ya…
    Bisa tukeran link, punya mas sudah aku pampang.
    Sukses selalu

  12. sippp… mudah2an bulan september bisa Sidang TA dan menerapkan tip-tip ini..😀

  13. terima kasih mas,, bisa jadi bahan buat saya persiapan nanti.
    karena saat ini saya masih nyusun skripsi mudah-mudahan lancar.
    salam kenal mas..saya pendatang baru di dunia blog..
    mohon bimbingan dan masukannya.
    GusDede

  14. gimana yach rasanya,,, ngak pernah ci.. hehe

  15. Pengalaman yang takkan terlupakan sob…

  16. bung,aku mw tanya nih.lagu-lagu guitar klasik nama albumnya apa?cz mmpung pnya hp baru mw tak isi

  17. […] sepeda. bike to work <– kerrrreeennnnn –> jalur tempuh : Parung – pengasinan – sawangan – parung bingung – limo/meruyung – cinere – pondok labu. jarak tempuh […]

  18. emang ikin deg-degan koq ujian TA tu
    tapi asik klo dh pernah merasakan sensasinya hehehe…

  19. makasiiih…:D

    *menanti si tugas akhir kelar dan disidangkan

  20. malam
    semangatnya mana y
    salam hangat dari blue

  21. masih pengalaman pribadi neh??!! hehehe sukses yak

  22. wah jadi ingat perjuangan waktu menyelesaikan TA q

  23. blue datang menebar sapa penuh kerinduan persaudaraan pada abang
    salam hangat dari blue
    semoga sehat selalu y

  24. Nice share

  25. sukses mas TA nya..

  26. smoga sukses dgn TA nya🙂 jgn terburu2 menjawab, pikirkan dgn baik2 trs jgn lupa doanya😀

  27. haduh jadi inget ma pengalaman ane waktu ujian TA, kagak ada yang nemenin, ujiannya jam 7 pagi… merana banget dah, untung nggak dibantai ma dosen penguji.

  28. setuju….

  29. walaupun belum ampe kesitu, tapi mudah-mudahan bisa menjadi pelajaran saya untuk nantinya bisa lebih siap…
    sip dech…

  30. bukan maksud junk comment ato apa, tapi saya cuma bisa bilang makasi atas tipsnya. semoga bisa bermanfaat untuk saya nantinya.:)

  31. setelah anda dinyatakan lulus, jangan lupa mempersiapkan cendramata sebagai tanda terima kasih anda pada penguji🙂

  32. semua sudah sesuai dengan Prosedur (bc: SOP)
    wakakakaka

    satu hal lagi, jabat tangan penguji dan tatap mata mereka bhw anda yakin dengan tes ujian tersebut
    ini menjadi psywar tersedniri..

    hihihihihihi

    semakin lama ada ditanya, mk sebenarnya semakin menarik topik yg anda angkat itu, oleh karenanya jgn khawatir kan itu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: