Pengalaman mengerjakan Tugas Akhir : Chapter Naskah

Yang namanya Tugas Akhir, entah itu Skripsi maupun Tesis, merupakan kristalisasi pengetahuan yang didapat selama menjalani perkuliahan. Sehingga sudah sangat wajar jika bobotnya lebih tinggi dari Mata Kuliah lainnya. Oleh karena itu proses penyelesaiannya pun relatif lebih sulit. Mengapa saya katakan relatif ?? karena buat sebagian besar orang, TA itu cukup sulit untuk diselesaikan, bahkan tak jarang kemudian banyak yang mengambil jalan pintas dengan meminta bantuan orang lain untuk mengerjakan. Namun ada juga yang menganggap TA itu mudah untuk dikerjakan.

Maret Maret 2009 saya mengajukan Topik Penelitian Tesis saya. Dan setelah diseminarkan, topik saya tersebut kemudian disetujui. setelah saya kerjakan bahkan sampai aplikasinya sudah jadi dan bisa digunakan, ternyata ada kakak angkatan yang ternyata meneliti hal yang hampir sama, bahkan penelitian yang saya lakukan sebenarnya sudah termasuk di dalam penelitiannya. Akhirnya dosen pembimbing menyarankan saya untuk mengganti topik penelitian.Maka mulai Agustus 2009 saya kemudian mengerjakan penelitian dengan topik yang baru, yaitu membangun sebuah sistem ekstraksi abstrak, pencaria dokumen memanfaatkan apache lucene library, dan klastering dokumen memanfaatkan framework Carrot2.

Dalam artikel ini tidak akan menceritakan bagaimana penelitian saya ini. Tapi saya mau berbagi mengenai pengalaman saya dalam mengerjakan Tesis. Sebenarnya saya sudah pernah menulis artikel  mengenai topik berbagi pengalaman mengerjakan TA, tapi tak ada salahnya saya tuliskan lagi. Sharing saya ini akan saya bagi ke dalam beberapa bagian berikut (sorry kalo gaya penulisan TA kebawa di sini):

Pemilihan Topik/ Judul

Menurut pengalaman teman-teman saya, seringkali salah satu faktor penyebab kegagalan dalam mengerjakan TA adalah karena kesalahan pemilihan topik/ judul. Untuk memilih topik penelitian, sebaiknya kita mengenali diri sendiri terlebih dahulu. Coba evaluasi mengenai kemampuan, minat dan bidang-bidang yang memang kita kuasai. Akan lebih baik jika topik yang dipilih adalah topik mengenai hal-hal atau bidang-bidang yang benar-benar paling kita kuasai.

Kalau kebingungan dalam menentukan topik, ada beberpa hal yang bisa anda lakukan, misalnya meminta saran kepada dosen, melakukan pencarian di internet. Pada saat ini banyak sekali koleksi jurnal yang bisa didownload secara bebas di internet. Kita tinggal memilih bidang-bidang yang sesuai dengan minat dan kemampuan kita. Banyak penelitian yang dilakukan yang idenya muncul dari penelitian yang sudah ada.

Proses Pengerjaan Tugas Akhir

Bagian ini adalah bagian yang tersusah. Di bagian inilah akan dimulai proses menentukan arah dari penelitian. Dalam proses mengerjakan tesis ini saya menggunakan filosofi makan roti seperti sudah saya tuliskan di artkel sebelumnya.  Intinya adalah membagi pekerjaan besar menjadi pekerjaan yang lebih kecil sehingga relatif lebih mudah untuk dikerjakan.

Pada saat anda menemukan kesulitan dalam proses mengerjakan pekerjaan yang sudah dibagi ke dalam pekerjaan-pekerjaan yang lebih kecil ini, cobalah konsultasikan dengan dosen pembimbing. Sehingga ada solusi yang didapat. Untuk hal ini saya sangat merasakan arti pentingnya teman.  Saya seringkali berkumpul dengan teman-teman saya, untuk saling sharing dan tukar pendapat masalah pengerjaan tesis. Dari tukar pendapat ini kemudian biasanya saya mendapatkan solusi untuk kesulitan yang saya hadapi.

Dalam proses pengerjaan Tugas Akhir, literatur tentu saja merupakan kebutuhan yang sangat mendasar. Segala penelitian dan penulisan yang anda lakukan tentu saja harus berdasarkan literatur yang sesuai. Di Era Internet ini, mendapatkan literatur tidaklah susah. Ebook dan jurnal serta artikel-artikel bisa didapatkan dengan mudah. Dengan sedikit usaha, maka Google akan dengan senang hati membantu anda. Khusus untuk yang memang berkecimpung di dunia IT, saya merekomendasikan http://www.flazx.com sebagai salah satu web penyedia ebook berkualitas.

Setelah literatur tersedia, anda tinggal meramu menjadi sebuah naskah penulisan. Dan jangan lupa gunakan panduan penulisan Tugas Akhir yang memang menjadi standar penulisan di kampus anda. Jika menemukan kesulitan, jangan sungkan dan ragu untuk bertanya kepada orang yang anda pandang mampu dan mengerti.

Setelah naskah selesai anda ketik, jangan terburu mencetak. Telitilah berulang-ulang, sehingga tidak ditemukan adanya kesalahan dalam penulisan atau bahkan masalah kesalahan dalam menerapkan kalimat, sehingga menimbulkan penafsiran yang salah terhadap isi dari penelitian anda.

Untuk sharing mengenai pengerjaan Tugas Akhir chapter naskah saya sudahi. Di artikel selanjutnya akan saya sharingkan pengalaman saya dalam membuat aplikasi atau implementasi dari penelitian yang saya buat dan juga pengalaman saya menghadapi sidang tesis.

Semoga sharing ini bermanfaat.

~ oleh Thomas pada Juni 21, 2010.

36 Tanggapan to “Pengalaman mengerjakan Tugas Akhir : Chapter Naskah”

  1. boleh juga pengalamannya

  2. moment terakhir yg paling ga mau di ulang waktu kuliah, yaitu penulisan skripsi/tesis hehehehe…met menulis smoga ga banyak halangan

  3. tugas,,,,,
    stresssssss

  4. saya butuh pengalaman ini tapi kira-kira masih 6 semester lagi mas,,akan saya jadikan arsip saja deh…
    makasih ya mas..

    http://meidhyandarestablogme.wordpress.com

  5. terlama saat blue mengingat tugas tugas seperti ini..hehehe
    namun blkue tuh berharap om sellau bersemangat menyelesaikannya
    m,eski lelah
    meski letih
    meski geregetan
    meski emosi meningkat
    namun selalu mengingat Tuhan yang akan berada disisi om
    selamat menyelesaikan tugasnya y om
    jangan lupa berdoa
    jangan lupa makanannya
    jangan lupa beristirahat sejenak
    salam hangat dari blue

    • hanks blue……membaca komentarmu, emosiku menggelegak…..mengingat perjuangan panjangku mengerjakan Tesisku………..salam hangat untukmu Blue….

  6. pasti salah dua pengalaman yang tak terlupakan🙂

  7. wuihh jadi ingat masa2 kuliah lagi.
    yg paling sulit buat saya waktu itu adalah menjalankan programnya (sy pake program bahasa C)
    kalo untuk narasi Alhamdulillah tidak terlalu bermasalah. (walo sering ngarang juga siy)😀

    • Bagian narasi emang tak terlalu susah. Yg banyak menjadi masalah adalah bagian Coding…..pake C ya…?? keren tuh….saya sekarang jatuh cinta sama Java gara2 tesis…salam

  8. wuihh jadi ingat masa2 kuliah lagi.
    yg paling sulit buat saya waktu itu adalah menjalankan programnya (sy pake program bahasa C)
    kalo untuk narasi Alhamdulillah tidak terlalu bermasalah. (walo ada ngarangnya dikit)😀

  9. Pengalaman yg tak terlupakan…serasa kembali lagi…penuh tekanan..dimana2x…sukses aja sahabat.

    salam sahabat,

  10. weww.mantap gan. kebetulan saya lg TA neh.. hehe. thanks..😀

  11. Menarik, Filosofi Makan Roti….
    😉

  12. pengalaman pribadi neh… hehehehe

  13. terimakasih sudah berbagi😀

  14. Wah kebetulan saya akan melakukan penelitian nih. makasi ya sharingnya. tapi masalh jangan dulu diketik sayangnya dsen2 gag mau mereksa dalam bentuk soft..:)

  15. eh, mas boleh tukeran link ya,,
    link mas sudah saya pasang di blog aku.
    Salam…

  16. Semoga berhasil dan sukses aja mas thomas!

  17. Hiks… dada ini terasa sesak begitu membaca ini…

    Saya beri komen dan langsung saya tutup ah..😦

    *balada seorang mahasiswa tingkat akhir di bawah tekanan*😀

  18. pengalaman menarik tuh bro..aq dulu wktu TA gada pengalaman begitu sih…

  19. Smtr dpn saya jg TA, huwah huwah

  20. Wah good bro., tapi ane menghadapi TA masih lama y.. Hihi.. Y jadi bekal buwat ane ja.. Hahaha. .

  21. pengalaman yang menarik mas thomas…
    sukses mas thomas😉

  22. Selalu ada pernik-pernik kecil untuk meraih sukses, ya?

  23. Wow, pengalaman yang sangat bagus, untuk saya kedepan bisa seperti mas, bisa saling berbagi, aku jadi salut.
    Sukses Selalu

  24. pengalamanya sangat bermamfaat gan…

    o iya, nama link-nya sudah saya ganti,
    agan boleh cek dulu…

    thank’s ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: