Universitas Seribu Djendela

Universitas Seribu Djendela, adalah sebutan yang biasa saya gunakan untuk menyebut Universitas Sanata Dharma (USD). Satu dari sekian Universitas di Yogyakarta sudah berumur lebih dari 50 Tahun. didirikan pada tahun 20 Oktober 1955 dan diresmikan oleh pemerintah pada tanggal 17 Desember 1955, USD mengawali pelayanan di bidang pendidikan dengan membuka Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG). Ide pendiriannya berasal dari Prof. Moh. Yamin, S.H. (Menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan RI).

Kalau saya sebut sebagai Universitas Seribu Djendela rasanya memang pantas. Di setiap ruangan kelas, terdapat banyak sekali Djendela. Jadi tidak perlu khawatir  gerah atau “sumuk”. AC-nya (Angin Cepoi-Cepoi) sejuk dan semriwing. Dan yang jelas AC-nya hemat energi dan tidak perlu disuntik freon, jadi sangat OZONE Friendly.

Banyak sekali pengalaman yang berharga saya dapat selama saya menempuh pendidikan S1 saya di sini. Namun yang paling saya rasakan adalah saya tidak hanya dididik untuk menguasai bidang ilmu yang saya ambil, tetapi juga dididik untuk dapat mengintegrasikan kemampuan akademik dengan nilai-nilai humanistik. Nilai-nilai ini kemudian saya rasakan begitu membantu saya memasuki dunia kerja.

Saya teringat pengalaman pertama saya mengikuti seleksi untuk sebuah lowongan di bagian Electronic Data Processing (EDP) di sebuah rumah sakit di Yogyakarta. Saya harus bersaing dengan teman-teman yang berasal dari universitas yang memang program studi Ilmu Komputer/ Teknik Informatikanya terbilang favorit di Yogyakarta. Dari sekian pelamar, hanya 1 orang yang diterima. Dan itu merupkan sebuah hal yang membanggakan buat saya, sekaligus membuktikan bahwa apa yang saya dapatkan dari almamater saya adalah benar-benar bisa dipergunakan sebagai bekal yang berharga dalam dunia kerja.

~ oleh Thomas pada April 18, 2010.

45 Tanggapan to “Universitas Seribu Djendela”

  1. hello saya adalah mahasiswa P.bio USD, benar sekali USD mempunyai banyak jendela dan pepohonan yang rimbun. Nama seribu jendela digunakan juga untuk UKM di USD yaitu, Teater Seriboe Djendela.

  2. mas,,klo bleh tau, di USD ad jrusan jurnalistik ngga’ y??,

  3. […] Memilih Ilmu Komputer sebagai bidang yang akan saya jalani adalah sebuah langkah yang menurut saya nekat. Tetapi itulah yang terjadi. Kalau biasanya orang memilih bidang ilmu yang akan ditekuni dengan pertimbangan minat dan mungkin sudah mempunyai dasar yang bagus untuk bidang ilmu tersebut, maka saya sama sekali tidak mempertimbangkan hal ini. Yang saya pikirkan saat itu adalah saya ingin sekali berkuliah di Yogyakarta dengan cara yang mudah dan nggak repot, maka sayapun diterima di Universitas Seribu Djendela. […]

  4. […] Memilih Ilmu Komputer sebagai bidang yang akan saya jalani adalah sebuah langkah yang menurut saya nekat. Tetapi itulah yang terjadi. Kalau biasanya orang memilih bidang ilmu yang akan ditekuni dengan pertimbangan minat dan mungkin sudah mempunyai dasar yang bagus untuk bidang ilmu tersebut, maka saya sama sekali tidak mempertimbangkan hal ini. Yang saya pikirkan saat itu adalah saya ingin sekali berkuliah di Yogyakarta dengan cara yang mudah dan nggak repot, maka sayapun diterima di Universitas Seribu Djendela. […]

  5. informasi menarik, jadi pengen lihat langsung. dan merasakan bagaimana hembusan angin di kelas-kelas itu…:)

    http://menjadikosong.wordpress.com

  6. sugoi….
    udah dihitung yah mas??
    wkakaka

    blogroll

  7. wah, menarik sekali mas, saya sempat juga tuh kepikiran untuk studi di Universitas Sanata Dharma .

  8. Aduh maap Mas, saya baru denger nama universitas ini..maaf…😐
    Jadi pengen liat fotonya nih… Sayang Mas Thomas gak naruh foto..🙂

    • he he he he, emang kebetulan saya nda naruh foto mas, cma saya dah taruh link ke universitas Seribu Djendela, silahkan anda klik saja.thanks

  9. Selamat ya mas Thomas karena sudah di terima bekerja…
    menurut saya pengalaman tersebut merupakan prestasi yang luar biasa…

  10. Salam kenal…. Kita harus bangga dengan Kampus kita… Apapun itu🙂

  11. mas., kok koment saya lom d’tampilin d’situ sich…

    kunjungi balek yach…

  12. Pasti bangga bisa mengenyam pendidikan di Universitas tersebut.Dan lebih bangga lagi kalau ilmu yang didapat di universitas tsb benar2 terpakai dalam pekerjaan kita.

  13. Saya Alumni dari UNIKA Widya Mandala jurusan Teknik Elektro pernah ke sana pada waktu itu urusan dengan Fakultas Teknik Elektro dalam rangka MUNAS HIMATEK pada th 1998,ada teman saya dan sempat tinggal 2 minggu dijamu dengan sangat istimewa…dan kampus mas thomas biasa kita panggil Univ.SaDhar…mahasiswanya TOP ABIS..walaupun saya dari surabaya dilayani bak Raja..bukan hanya kampusnya ..pendidikannya..mahasiswanya pantas diacungi jempol…

    SALUTE.

    Salam Teknik Mas Thomas

  14. sepertinya diriku kunjungan perdana ya..??
    sala kenal ya thom

  15. waaah, sadhar kampus yang mengesankan. meski ga kuliah di sana, saya suka sadhar soalnya sejuk, banyak pohon. terutama karena perpus-nya tuh perpus terbaik di jogja (setau saya). sayang ada peraturan baru: selain mahasiswa sadhar harus bayar rp 50.000 untuk masuk perpus itu (kalo ngga salah perbulan). yaaah, akhirnya saya ngga pernah main ke sadhar lagi.

    • Sejauh yang saya tahu, saat ini sudah ada kerjasama antara 6 Perguruan tinggi di JOgja dan dengan Perpustakaan Daerah, sehingga anggota perpustakaan dari ke-7 institusi tersebut bisa saling meminjam buku. Bahkan sistemnya pun sudah saling terintegrasi.

  16. Wah..bener2 deh hikmah banyak jendela..kepala dingin..otak adem..belajar encer..lulusan tokcer..

  17. Selaen jendelanya, USD juga terkenal dengan EECnya kan mas?

  18. pasti adem kalau kuliah disitu, jai inget saya kuliah dulu dalam lab nggak ada ac malah sempit lagi setiap keluar dari situ seperti habis mandi sauna, terimakasih sudah berkunjung mas

  19. kunjungan balik…

    salam🙂

  20. mantap kan., klo lawang sewu yg artinya seribu pintu dah daa..

    seribu djendela juga dah ada.., bsk qt bkin seribu meja ajaaa., hehehe….

  21. hm… bulan depan liburan ke yogya ah…

    salam kenal,
    suss

  22. salam kenal sebelumnya buat mas thomas
    maaf baru bisa berkunjung
    template nya bagus
    tulisan nya apalagi….
    saya ini gak begitu tau ada berapa banyak university di jogja salah satunya USD dan disini saya baru tau kalo ada univ yang di juluki seribu jendela.
    salam kenal dari bintang air yah..

  23. salam kenal bung … ya, bagi Fergie derbi di City of Manchester, Sabtu (17/4), yg trbsar sepanjang kariernya sebagai pelatih MU. Maklum, jika kalah dr City & Chelsea menang atas Spurs, praktis peluang MU juara musim ini tambah berat. Untungnya, MU menang & Chelsea kalah … jadi selain prestise, partai ini jd pertaruhan masa depan Fergie di Old Trafford … andai gagal juara, Fergie yg kontraknya habis akhir musim ini kemungkinan besar mundur … thx dah berkunjung mas … bs tukeran link ?
    blsan dari komentar mas: http://triendra.wordpress.com/2010/04/18/rev-premier-league-sabtu-174-manchester-city-vs-mu-tottenham-vs-chelsea-judgement-day-at-old-trafford/#comment-31

    • yup…bener banget.selisih poin hanya 1….dikit lagi bisa dikejar.Boleh….saya pasang linknya.salam

      • oke mas … link mas “Always with you ” dah ada di blogroll saya ya … trmksih … btw klo di jkrta kayaknya ngk ada kampus ‘Seribu Jendela’ adanya mungkin kampus ‘Seribu Masalah’ sprti narkoba, pergaulan bebas, bullying senior ke junior dll🙂 … salam

      • ha ha ha ha…bisa jadi mas.

  24. Mas thomas, link mas di blog saya sudah saya ganti. Kalo blh saya request hal yg sama yah😀, linknya diganti aja jadi Hihia Tech. Thx ya mas thomas.

    Salam, sukses selalu.

  25. Heeeeee mas-e dulu di Sadar tho? hehe di kirain papanya tole, mas thomas anak ugm,

  26. [Saya teringat pengalaman pertama saya mengikuti seleksi untuk sebuah lowongan di bagian Electronic Data Processing (EDP) di sebuah rumah sakit di Yogyakarta. Saya harus bersaing dengan teman-teman yang berasal dari universitas yang memang program studi Ilmu Komputer/ Teknik Informatikanya terbilang favorit di Yogyakarta. Dari sekian pelamar, hanya 1 orang yang diterima. Dan itu merupkan sebuah hal yang membanggakan buat saya, sekaligus membuktikan bahwa apa yang saya dapatkan dari almamater saya adalah benar-benar bisa dipergunakan sebagai bekal yang berharga dalam dunia kerja.]

    Luar biasa, saya bangga punya temen nge blog yang pinter pinter seperti mas thomas, berharap dapat banyak belajar!

    tolong bagi ilmu dengan saya ya mas

  27. sebuah perjuangan yang membuahkan hasil ….

  28. halo, kunjungan siang lg ni😀. Blog ini bnyk artikel2 menariknya terutama seputar tntg IT. kunjungi blog saya balik yah di http://hihia.co.cc😀

    Salam.

  29. wah dari jogja ya mas..,
    salam kenal dari bocah sleman…,

  30. Universitas saya juga punya nama lain yaitu Universitas Garuda Bodong

Tinggalkan Balasan

 
