And i am the one who want … to be with you !

Ga jelas ide itu datang darimana, tapi yang jelas sore itu teman saya datang ke kost dan mengajak saya untuk ngamen. Mengingat tanggal di bulan itu yang mengancik senja, sudah tentu persediaan pundi-pundi rupiah  mulai menipis. Jangankan buat beli sebungkus rokok, beli rokok ketengan aja rasanya dah ngos-ngosan. Ditambah lagi bulan itu, awal semester, maka kewajiban membayar uang “ARISAN” harus dipenuhi. Huh…kapan ya Pendidikan di Indonesia di Gratiskan ??  perasaan dana APBN untuk pendidikan naik menjadi 20%, tapi kok rasanya biaya pendidikan makin mahal dan mencekik …..kantong.

Lebih parah lagi dengan pengesahan Undang-Undang BHP. UU BHP ini menempatkan satuan pendidikan sebagai subjek hukum yang memiliki otonomi luas, akademik maupun non akademik, tanpa khawatir lagi dengan kooptasi birokrasi. Otonomi yang diberikan dikunci oleh Undang-Undang BHP harus dilandasi oleh prinsip-prinsip seperti nirlaba, akuntabilitas, transparan, jaminan mutu dan seterusnya yang memastikan tidak boleh ada komersialisasi dalam BHP. BHP memastikan bahwa komitmen pemerintah untuk membantu lembaga pendidikan tidak pernah berkurang bahkan bertambah besar.Tapi dalam prakteknya kok dirasakan banyak PTN yang makin komersil.

Sudahlah, kita tinggalkan saja urusan BHP, dan kembali ke dunia nyata. Sore itu, setelah sepakat, maka berdua dengan teman, mulailah kami menyusuri Jln. Kali Urang yang membelah kampus tercinta, UGM. Awalnya sedikit grogi, tapi lama-lama perasaan enjoy mulai ada.

Di Jln. Kali Urang ini memang banyak sekali warung tenda yang menjajakan berbagai jenis makanan dan minuman. Bagi anda yang pencinta wisata kuliner, sekali-kali anda boleh mencoba.

Diiringi tatapan curiga banci-banci kaleng dan pengamen-pengamen yang memang biasa beroperasi di JAKAL (Jln. Kali Urang), kami menyinggahi tenda demi tenda. Malam itu kami cukup percaya diri, dilihat dari tampilan, kami lumayan rapi (he he he he) dan stok lagu yang kami siapkan pun lumayan banyak. Dari lagu cinta ala RAN (pandangan pertama) atau lagu pamungkas EXTREME More Than Words kami nyanyikan.

Kadang tanpa hasil, tapi banyak juga pengunjung yang terkesima dengan penampilan kami he he he he …mungkin bukan karena terkesima tapi kasihan, maka mereka merelakan recehan Rp 500-an bahkan lembaran ribuan mereka donasikan untuk kami.

Yang agak mengagetkan kami, malam itu ada pengunjung salah satu warung tenda yang me-request lagu To BE with you-nya Mr. Big. Wah, boleh-boleh boleh. Lagu ini adalah lagu favorit saya dari sekian lagu milik Mr. Big. Akhirnya di tenda-tenda berikutnya kami membuka sesi request lagu. Dan hasilnya, banyak pengunjung yang datang bersama pasangan merequest lagu-lagu yang kami tawarkan.

Ngomong-ngomong soal Mr. Big, sejak SMP saya memang sudah ngefans berat. Terutama sama Paul Gilbert yang permainan gitarnya emang yahud. Gitaris ganteng ini punya teknik picking yang luar biasa. Ditambah permainan bass Billy Seehan yang oleh Steve Vai disebut sebagai The best Bass player in this planet. Juga vokal Eric Martin yang khas dan oke punya. Dan nggak kalah gebukan drum Pat Torpey yang mantap. Hanya saja sejak Paul Gilbert hengkang dari Mr. Big, saya kurang begitu sreg dengan lagu-lagu barunya. Nah, barulah setelah tahun 2009 Paul Gilbert gabung lagi, semangat deh saya ngikuti perkembangan mereka.

Hampir satu jam kami bergerilya. Rasa lapar mulai menyerang. Malam itu, 2 posri nasi goreng spesial kami nikmati, tentu saja porsi kuli. Plus 2 bungkus Djarum Super. Ternyata hasil dari ngamen lumayan. Tak sampai 1 jam beroperasi, 30 ribu kami dapatkan. Anda tertarik??

~ oleh Thomas pada April 16, 2010.

53 Tanggapan to “And i am the one who want … to be with you !”

  1. kunjungan pertama mas, salam kenal

  2. hehe … itu dia masalahnya.
    Online jarang, BW … curi waktu. Search?😦
    is ok gpp, sekedar comment aja koq.
    Thanks ya. Sukses juga. Salam.

  3. sy pikir, ada syair lagu-nya … ? Sayang sx tidak ada😦

    Tersenyum baca artikel ini, bisa aja🙂
    Thanks ya kunjungannya.

  4. heheheh….terima kasih postingnya bagus banget …saya ada kenangan di UGM khususnya di jalan kali urang …saat makan gudeg bersama DKK (dan kawan-kawan) uangnya kurang tapi penjualnya baik2x..lain kalo disurabaya bisa-bisa dapat caci maki…dan beberapa hari kemudian kita juga ngamen alias jadi penyanyi jalanan tapi pas itu yang kita nyayikan lagu-lagunya “DEWA19″…untuk ongkos pulang surabaya…lumayan.

    udah dicoba kok Mas Thomas hasilnya emang memuaskan

    Salam ” KANGEN KALI URANG “

  5. kunjungan balik mas…saya juga ngefans sama MR BIG. dulu jaman SMA paling suka lihat si Eric Martin. keren, gondrong dan vkalnya juga OK.kalo pengamennya bawain lagu2 top 40, apalagi kalonyanyiinnya nggenah alias bagus saya yakin banget kalau dia pengamen. karena jaman sekarang banyak pengemis yang nyaru jadi pengamen. bukan menghibur malah bikin bete…

  6. Salam kenal Pak

  7. halo salam kenal. artikelnya bagus ni.. kunjungi blog saya ya di http://hihia.co.cc. ngomong-ngomong saya ingin nanya anda lulusan IT?

  8. sy gemar main guitar, srg ngehayal jd gitaris tenar. Tp klu ngamen, malu ah… ;-p

  9. “I’m the one who wants to be with you, deep inside i know you feel it too” lagu lawas banget ya. menarik, pengalaman ngamen. Pasti pede abiez🙂

    salam

  10. Halo, kunjungan pertama nih, salam kenal buat empunya blog ya. Mas thomas🙂
    sekalian ijin mau link ke sini. Tentang pendidikan, memang dampak di daerahku belum terlalu kelihatan. Tapi, bukan tidak mungkin akan terasa juga nantinya aroma2 komersil

  11. Halo,kunjungan perdana nih, salam kenal buat empunya blog ya. Mas thomas🙂
    sekalian ijin mau link ke sini

  12. wow mr. big, keren2 lagunya

  13. hm…:D😀😀
    jd pengen ngamen juga nih……

  14. jangan lupa jalan2 keblog saya, ada informasi kontes blog…!!!

  15. thats great…
    belum pernah mencoba,,tapi begitu baca,,,bayangannya pasti seru banget…

    :p

  16. emank ya kalu kita sudah kecandu ama yang namnya rokok susah untuk tiddak merokok. tapi kalu ada niat pasti ada jalan , soalnya saya juga pencandu nich mesti ga terlalu berat sich …..

  17. salam kenal

  18. saya juga pernah ngamen..tapi waktu masih STM dulu. Alhamdulillah sekarang sudah dapt penghasilan tetap..semoga semangat dalam menjalani hidup dan teruslah berkreasi..yakinlah esok hari kan secerah mentari..

    terima kasih atas kunjungannya..

  19. Masya Allah
    ….jgn ngamen en ngROKOK lagi..tar lupa kuliah lho…

  20. wow
    gimana ya rasanya ngamen

    saya sering ngobrol dg para pengamen
    ada diantara mereka yang sebenarnya ingin mencari kerja yg lain
    tapi ada juga yg menganggap ngamen itu kerjaan yang enak😀

  21. mr. big yang man ya? band dari mana itu?

  22. @All : thanks dah koment ya …salam

  23. Tidak jauh beda kisahnya dengan saya ketika belajar di jogja tahun 2000, saya sering sekali kehabisan uang sebelum akhir bulan… Kangen sekali saya sama kota jogja yang penuh kenangan, kapan ya saya bisa berkunjung ke jogja lagi…? BTW masih kuliah mas Thomas…?

    Trima kasih mas Thomas atas artikelnya yang membuat saya merenung sejenak karena teringat kenangan-kenangan manis dan pahit di Jogja…

  24. Baca artikel terbaru gw ya,tips terhindar dari rayuan setan

  25. Wah, ngamen??
    Saya juga pernah ngamen di sepanjang jalan Dago, bareng temen2 seangkatan saya. Malam minggu, seangakatan pada ngamen. Kebayang macetnya.😆

  26. ini lagu wajib saat bleu dan rekan sekomplexlatihan band.heheh
    naynyi bareng bang
    makan nasi goreng bareng bang………….ok
    salam hangat dari blue

  27. makasih ya mas tomas udah bntuin bnyak sama saya

    tapi saya masih pemula mas
    saya gk tau cara tukeran link
    jangan dihina loh
    >.<

  28. kunjungan balik ni
    sekarang aq lagi ngamen (ngantuk men)🙂

  29. He..he…he asik juga nih ngamen. Kapan kapan saya juga pingin deh ngamen yang lain daripada yang lain. Pernah nggak ngamen membawakan lagu keroncong ? Lagu kita, orang Indonesia. Coba deh, pasti asik dan terkejut para pengungjung warung tenda di sana. Salam deh

  30. aku waktu smu jg suka bgt ma Mr.Big yg judulnya Wild Girl ^___^
    ngamen wah enak bgt dari dulu pengen bgt bs ngamen tp gak ada yg ngajakin hehe

  31. aku seneng kalimat,…. Mengingat tanggal di bulan itu yang mengancik senja,….
    Hahahaha….khas yogjo, di mana tinggal mas, aku yo wong yogjo kok…!
    Salam

  32. wah siapa tahu yg request lagu kemarin nembu dan baca posting disini, hehehe

  33. Pendidikan gratis?! Nanti kalo saya dah jadi presiden hehehe….
    Asyik juga jadi pengamen ya🙂

    • hehe he…mungkin bak pungguk merindukan bulan mas….tapi kalo mas calonkan diri jadi presiden saya dukung deh, pa lagi pendidikan bisa gratis

  34. slam balik mas thomas.ini kunjungan balik.
    tahnk dah koment di blogsaya

  35. pak bos kalau ada trick untuk berhenti merokok saya juga mau, hehhehe

  36. makasih dah mampir di blog sederhana saya mas….

  37. bos, saya mau menekankan pada ‘rokok’ itu.
    benda itu maut banget! bikin idup makin sengsara..
    semoga kamu bisa berhenti pelan-pelan ya..😀

Tinggalkan Balasan

 
