Michael Angelo Batio : “Yngwie Can’t Touch This!!”

Kalimat “Yngwie Can’t Touch This” kalau diartikan kira-kira akan menjadi : “Yngwie tidak dapat menyentuh ini”. Maka kalau dikaitkan dengan teknik bermain gitar, maka maknanya akan menjadi “Yngwie tidak bisa mengejar kecepatan ini” atau bisa juga bermakna bahwa Kecepatan Yngwie masih di bawah si Michael. Wow…saya juga awalnya tidak percaya. Kemudian dari seorang teman, saya mendapatkan beberapa lagu/ MP3 milik Michael.

Siapakah Michael Angelo Batio ?

Menurut artikel yang ditulis di http://www.rootsonastring.com dikatakan bahwa Michael Angelo merupakan pemain gitar kanan kiri yang paling baik. Ia bahkan mengklaim sebagai gitaris pertama di dunia yang menjadi spesialis pemain 2 gitar sekaligus.

Pada usia 5 tahun ia mulai belajar piano, dan pada usia 10 tahun ia belajar gitar. sejak usia 19 tahun ia sudah bermain sebagai session player untuk berbagai instansi dan produk seperti Burger King, Pizza Hut, Taco Bell, KFC, United Airlines, United Way, McDonalds, dan tim hoki Chicago Wolves. Ia juga bergabung dengan band Nitro yang beraliran heavy metal.

Oleh majalah Guitar ONE, Michael Angelo terpilih sebagai undefinedNo. 1 Shredder of ALL TIME. Ia berhasil menyisihkan shredder juga John Petrucci, Paul Gilbert, Buckethead, Shawn Lane, dan Yngwie Malmsteen.

Michael telah merelease beberapa album solo, termasuk: Tidak ada batas-batas (1995), Planet Gemini (1997), dan Hands Without Shadows (2005). Selain itu, video pelajaran yang ia bintangi seperti Speed Kills, Speed Lives, Speed Lives 2, dan pada bulan Februari 2006, merelease Speed Kills 2.

Michael diendorse oleh Dean Guitars. Oleh Dean Guitars ia membuat gitar-gitar signaturenya. Michael bahkan memiliki gitar 4 neck. Andalannya teknik yang sangat populer di-atas adalah teknik yang digeber dengan kecepatan tinggi.

Saat ini, saya mengoleksi beberapa lagu dan video dari Michael. Dan memang gitaris yang satu ini memiliki kecepatan yang luar biasa. Tekniknya yang paling terkenal adalah Teknik Hand Shadowing. Buat teman-teman yang tertarik, bisa mendownloadnya di http://www.multiply.com, mudah-mudahan masih ada. Atau jika tertarik bisa mengunduhnya lewat Youtube.

Aransemen yang paling saya sukai adalah Crazy Train yang aslinya adalah milik Rhandy Rhoads. Kemudian diaransemen ulang. Setiap kali mendengar aransemen Michael, saya kemudian paham istilah “Pembunuh Vocalis”, karena nada yang keluar dari gitarnya seolah merupakan seorang vocalis.

At last, masing-masing gitaris punya karakter dan pencapaian sendiri-sendiri, buat saya Yngwie tetap punya tempat khusus di hati. Bagaimana menurut anda??

~ oleh Thomas pada April 11, 2010.

92 Tanggapan to “Michael Angelo Batio : “Yngwie Can’t Touch This!!””

  1. Lo bilang slash ngantri’a panjang. lo sendiri bisa ga Tenar kaya dia dan punya Penghasilan yg Bisa buat ngidupin Satu Kecamatan Dongo…!!!

  2. Halo semua , klo menurutku Mab tdk memberi judul lagunya yngwie can’t touch this tapi yg bener the finish line (mungkin) , saya aku yngwie memang hebat , tapi klo saya liat di youtube kebanyakan adanya guitar covernya yngwie , sedangkan guitar cover mab kayak lagunya di album planet gemini tdk terlalu banyak , dan mab adl pelopor double guitar bahkan bisa quad guitar \m/

  3. yngwie malmstein , paul gilbert , john petrucci, joe satriani, steve vai, michael angelo batio,,,maf yang nda ada namany,,…inilah dewa2 guitar sekarang yang kehebatannya diukur dari karya2nya…yg lain ngantri dulu ya…apalagi slash paling belakang antriannya

  4. Gitaris yg cepat udah pasti bisa lambat…
    gitaris yg lambat… “Belum tentu” bisa cepat…
    lo2 pada bilang maen gitar cepat itu bukan hebat??
    lu kira gampang apa maen cepat?
    bego jangan dipelihara cooy… hahaha…
    speed is insane teknik… ga semua orang bisa ngespeed broo…
    tapi MAB jangan ditanya klo soal maen ngesoul…
    tekniknya gila abis… jangankan maen soul(w artiin lambat namun menyentuh hati) maen akustik classic song aja mantab…
    klo lu bisa ngulik speed kill lagunya MAB w ancungi jempol hahahaha…

    • Maaf ni bos…mngkin ada yg perlu ditambah bahwa gitaris cepat bisa lambat,belun tentu juga…trgantung karakter gitaris itu sndiri,apa bisa nahan faktor emosional ktika maen lambat…sy lihat kadang ktika gitaris cepat maen lambat tetep aja shredding nya kebanyakan dan kurang proporsional bahkan merusak lagu,kyknya pola fikir dia bagaimana sbuah karya instrumental gitar skalipun itu dalam tempo lambat harus bisa menampilkan bgitu banyak skill dlm lagu trsbut…padahal lagu instrumental gak punya vokal yg bantu nyampein pesan,gimana mw tersampaikan pesanya kalo yg dipertontonkan skill mulu.kadang boring liat gitaris model bgini.dia kurang care dengan lagu itu sndiri.dan mnurut selera saya sih,gitaris yg paling pas bawain lagu karya instrumental adlah joe satriani,proporsional,ni orang pinter nempatin skill dlm sbuah lagu,walaupun karakter lagunya bukan pola2 njelimet tapi enak didenger. jadi ktika denger karyanya satriani,kita gak sedang mnyimak sebuah persembahan hebatnya skill gitar tapi seperti ditunjukin bahwa inilah lagu instrumental gitar berkelas.

  5. Gua salah satu fans MAB yg kebetulan jg bisa bermain kiri dan kanan, menurut gua sih semua gitaris mempunya batasan n keunggulan masing2 n yg paling penting dr semunya adalah karakter krn dr karakter itulah kita bisa dikenal dan dikenang

  6. Di indonesia juga ada gen pengikut michael dari band kinsfolk juga memainkan gitar kiri kanan.

  7. semua seniman termasuk gitaris punya zaman masing-masing,,dan punya hits masing-masing, juga punya aliran musik masing-masing,teori dan teknik masing-masing jadi tidak bisa kita klaim siapa yang hebat..seperti hendrix pelopor teknik gitar modern, sound effect dan atraksi panggung yang fenomenal, yngwie malmsteen teknik speed heavy dan keakuratan pickingnya, joe satriani cerdas dan mempunyai kemampuan teknik tinggi dalam mengolah beat gitarnya,brian may mempunyai trik unik serta mampu mampu mamainkan not-not musik yang tidak biasa di mainkan musisi-musisi di dunia S2 gitar pula.eddy van halen pelopor teknik teeping dalam permainan gitanya.jadi tidak bisa kita klaim mana yang hebat kita nikmati saja hasil karya mereka itu mungkin yang lebih bijaksana hehehe

  8. I Like it…

  9. MENURUTKU YG TERCEPAT BUKANLAH BERARTI YG TERBAIK,..MAB MGKIN SJ LBH CEPAT TETAPI SKILL DAN HARMONISASI TETAP JAUH DIBAWAH YNGWIE….UNTUK TEKNIK JELAS KEDUANYA BEDA ALIRAN,NAMUN YG DIBAWA YNGWIE PNY TINGKAT KESULITAN LBH DIBANDING MAB.

  10. Klo mnrut gue sih didunia nih gk ada gitaris no wahid karna diatas langit masih ada langit,,,,masih bnyak gitaris seperti itu,, tapi klo gw sih suka,a sama si batio dan herman lee

  11. Inspirasi Gua Toe!

  12. sebenere aq yg paling cepat bermain gitarnya……… saking cepatny sampe2 bus depan rmah, g terasa tlah kulewati hehehehe……..

  13. sory ya gan slash itu bukan yang terbaik, banyak2 cari referensi,
    brand gitar aja kagak ada yang mau make namanya kok.
    kalo masalah speed coba liat yngwie dia pelopor sweep picking
    kalo harmonisasi liat joe satriani
    extremis liat john petrucci
    dll.
    ga ada salah satu dari mereka yang berani mengeklaim dirinya yang terbaik

  14. menurut gue best lpayer bukan di liat dari segi kecepatan aja, yang terpenting harmonisasi seperti instrumen joe satriani yang simpel dan menyayat.

  15. Jangan salah sama slash coy ….. Doi juga bisa maen speed sama latin udah pernah liat doi solo ampe 10 mnit maen speed gk??? Gitaris paling terkenal di dunian ya slash boleh lu tanya ke ke bokap lu siapa tu slash?? Pasti tau hahaha kalo MAB anak band aja msih bnyak yg kaga tau tu siapa hahaha

  16. gue sih masih suka ma PG, …..

  17. pnah liat videonya emang cepat si batio,bisa dua tngan juga,tp msh pake tangan,kalo steve vai bisa pake lidah,gigi juga keknya ada di video juga. tp pnah liat jg maen gitar pake kaki juga tangan,jadi gitarnya 3 buah dong? tp blom masuk greatest gitaris no1 ?

  18. sy hanya pengamat music,,
    seperti yg di katakan rizky mulyadi di atas

    Seorang gitaris yg hbat itu adlh gtaris yg mempunyai keseimbgan antara intro dgan klimaks permainan,bukany hny memamerkn kecptan sja dri awal smpai akhr,dan juga dpat mencptakan nada2 yg indah dgan teknk dan kcepatan yg tinggi,

    meskipun td ada tulisan yngwie can’t touch this,,

    perlu di ingat,,
    siapa org yg pertama kali membawa pengaruh nada nada neo classical??
    sekalipun jimmy hendrik boleh di katakan master,,
    tp belum pernah sy mendengar dia memainkan nada nada classic,,

  19. Seorang gitaris yg hbat itu adlh gtaris yg mempunyai keseimbgan antara intro dgan klimaks permainan,bukany hny memamerkn kecptan sja dri awal smpai akhr,dan juga dpat mencptakan nada2 yg indah dgan teknk dan kcepatan yg tinggi,
    bgi sya gtaris yg sperti diktakn it adlh cnthx Andy Timmons,dlam stiap permainanx bkan hny kcepatn yg d pamerkn,tp nada2 yg d mainkn membwt si pendgar hnyuT dan laruT dlm mdgrkn untaian melody andy timmons. .

  20. kecepatan bukan ukuran seorang gitaris itu dikatakan hebat, gitar adalah alat musik, musik itu seni dan seni melibatkan emosi, jika sebuah permainan musik tidak menarik secara emosi cuma bisa dikasi jempol terbalik..

  21. kecepatan tanpa hati? kurang sreg… Yngwie pada awalnya mantabs, hati dan kecepatannya bermain, namun akhir2 ini sepertinya mengurangi ‘passion’ jadi seperti ada yang hilang…

  22. Emang y seorang gtaris hbat smwa,tp yg pling gue cka,gtaris yg pnuh dngan teori, gk mngandlkan kcptan,coz cmw gtriS pny skil yg bda2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: