Jubing Kristianto berfantasi bersama becak dan gitarnya

Anda tentu tahu Nama Ibu Sud….?? kalau tidak, silahkan anda bertanya pada guru TK anda, atau langsung pada Eyang Google. Yang jelas ibu Sud adalah seorang pengarang lagu anak-anak. Salah satu karyanya adalah lagu becak. Siapa sangka, lagu Becak ini, oleh ubing Kristianto kemudian bisa diaransemen menjadi sebuah instrumen yang sangat indah. Bahkan sampai-sampai diberi Judul Becak fantasi. Siapakah Jubing Kristianto??

Menurut Wikipedia, Jubing Kristianto(lahir di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 9 April 1966) adalah seorang gitaris fingerstyle Indonesia yang banyak menjelajahi berbagai repertoar. Jubing menggunakan gitar klasik sebagai instrumennya. Ia dikenal pandai menghadirkan “suasana” yang ingin disampaikan sebuah lagu melalui gabungan berbagai teknik permainan gitar yang dinamis. Selain itu, gitaris Indonesia ini juga memberikan sumbangan dalam musikalisasi puisi dengan melakukan kolaborasi antara permainan gitar dengan pembacaan puisi, bahkan ia juga berkolaborasi dengan penyair WS Rendra yang membaca puisi serta pelukis Susilowati Natakoesoemah dalam acara “Collaborathree” di Jakarta.Demikian pula kolaborasi permainan gitarnya dengan permainan perkusi tradisional Suryadi dan suara penyanyi tenor Abimanyu tampil memukau penggemar musik yang melihatnya. Di luar keberaniannya untuk berkolaborasi dengan seniman lainnya, Jubing Kristianto juga sangat memanfaatkan media internet sebagai sarana untuk memperkenalkan musik Indonesia kepada dunia. Ia diakui oleh Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai “Gitaris Indonesia Pertama yang Menyebarluaskan Komposisi dan Aransemen Gitar Pribadi Secara Gratis di Internet” (2008). Sebelumnya, pada tahun 2005, ia menerima penghargaan MURI sebagai “Penulis Ensiklopedia Gitar Pertama di Indonesia”. Selain mencoba membagikan keberanian untuk mempertunjukkan keindahan permainan gitar akustik tunggal, eksplorasi Jubing dalam aransemen musik untuk lagu anak-anak dan lagu tradisional Indonesia adalah upaya untuk memperkenalkan kekayaan khazanah musik Indonesia ke penggemar gitar akustik di dunia.

Saya sendiri tahu nama Jubing Kristianto ini dari seorang teman saya yang memang seorang pemain gitar. Buat saya, teman saya ini memiliki kualitas permainan gitar yang luar biasa. sebagai seorang otodidak, dia bisa mengerti partitur musik, mengerti mengenai penjiwaan sebuah aransemen. Dulu waktu kami masih sama-sama kuliah S1, kami tergabung dalam sebuah band. Teman saya ini piawai dalam memainkan aransemen dari beberapa pemain gitar yang disebut-sebut sebagai Guitar Virtuoso tingkat dunia, sebut saja Yngwie MAlmsteen, Joe Satriani, Steve Vai, Paul Gilbert dan bahkan dia bisa memainkan aransemen gitar milik Sebastian Bach. Terakhir perjumpaan saya dengan teman saya, dia sempat memainkan sebuah aransemen yang dia karang, belum sempat diberi judul. Tapi namanya enak didengar, dan saya bisa merasakan harmonisasi yang tercipta. Hanya dengan sebuah gitar akustik, Melody, Bass dan Rythme bisa berjalan harmonis. Sungguh indah.

Berbekal informasi dari teman saya ini kemudian saya menyapa Eyang Google yang kemudian memberikan saya link ini, saya pun segera mendownloadnya. 10 lagu habis saya download.

Malamnya, ditemani Kopi Enery Mbah Mary Jane ups mbah Marijan, saya coba dengar lagu demi lagu. Fantasi saya sendiri kemudian melayang, menelusuri eksplorasi melodi yang dimainkan oleh Jubing Kristianto. Saya jadi mengerti mengapa kemudian lagu becak disebut sebagai Becak Fantasy, karena dengan mendengarnya kita akan diajak berfantasi bersama.

Kalau anda tertarik, silahkan anda download link di atas. Semua bebas untuk diddownload tanpa harus membayar sepeserpun.

Nah….silahkan anda berfantasy bersama Jubing Kristianto dan Gitarnya sambil menaiki Becak.

~ oleh Thomas pada April 10, 2010.

9 Tanggapan to “Jubing Kristianto berfantasi bersama becak dan gitarnya”

  1. bener-bener abis…..
    abis baca postingnya mas thomas…
    abis download abis…
    abis dengerin lagunya sampai abis…
    abis itu ucap’in terima kasih .

  2. sy download beberapa lagu2nya setelah melihat kepandaiannya di Kick Andy dlm slah satu episodenya
    lalu ku cari FB nya
    syangnya FB nya telah penuh oleh kawan2.
    akhirnya nge-add fb istrinya …

    Becak Fantasy

  3. @ All : thanks dah mampir. Semoga bermanfaat

  4. ane kagum

  5. Becak fantasy lucu tuh😀 gw dikasih temenku. He2.

  6. coba dulu ah.. Ma kasih ya atas link download nya.

  7. Haha, iya, sekarang Jubing udah ngeluarin 3 album. “Delman Fantasy”, “Hujan Fantasy”, dan “Becak Fantasy”. ^_^🙂
    Kebetulan saya suka musik2 akustik, jadi saya udah punya semua albumnya.😀
    Ada beberapa track yang menurut saya (dan teman, juga adik saya) malah aneh kalo dibuat versi akustiknya.😐

Tinggalkan Balasan

 
