Bagaimana Caranya agar SEO Berhasil?

SEO biasa dilakukan oleh pemilik website, blog, ataupun konten online untuk memasarkan medianya. Caranya menggunakan mesin pencari online seperti Google atau Yahoo. Lalu bagaimana agar SEO sukses mendapatkan trafik tinggi?.

Riyeke Ustadiyanto, SEO Creative Director marketbiz.net dan penggiat UKM Goes Online mengungkapkan hal pertama untuk melakukan SEO (Search Engine Optimization) adalah dengan menggunakan HTML, URL, server issue dan visible content.

“Untuk SEO ini, pasar yang kita targetkan lebih segmentif tapi menggunakan media dan bahasa yang banyak digunakan di masyarakat. Hal yang menarik belum tentu umum. Oleh karena itu, kita memasarkannya dengan bentuk umum yang lebih dikenal masyarakat, baru memasarkan ke produk yang khusus,” ujarnya disela pelatihan SEO di Grand Kemang Jakarta, Kamis (25/3).

Rieke mencontohkan, agar sukses orang harus memasukkan produknya dan bukan mereknya. “Anda jangan menaruh keyword merek, tapi cukup dengan produknya misalnya otomotif. Kenapa? Karena tentu saja orang tidak mencari merek, tapi produk yang diinginkan,” katanya.

Ia mengungkapkan pengguna media online 85% mencari data yang mereka inginkan melalui Google. Ada empat hal yang harus diingat agar konten domain dapat tercantum di Google.

Pertama adalah memenuhi website dengan tulisan. Selain itu penggunaan link antar website juga akan membantu. Selanjutnya Google sulit membaca Flash, animasi dan gambar oleh karena perlu dihindari. Dan terakhir, domain informasinya harus terus diperbarui.

Unsur utama dari mesin pencari online adalah penggunaan keyword. Oleh karena itu, menurut Riyeke yang harus dilakukan adalah mencari keyword yang sangat disukai oleh masyarakat. Dan ini bisa dicari salah satunya melalui adwords.google.com/select/KeywordToolExternal.

~ oleh Thomas pada April 4, 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: