Umur 4 tahun sudah merokok ??????

Ketua Komnas Perlindungan Anak Seto Mulyadi prihatin dengan video di Youtube yang berisi anak kecil merokok dan berbicara cabul. SW, bocah yang belum genap 4 tahun, itu mengalami tiga kekerasan sekaligus.

Ketua Komnas Perlindungan Anak Seto Mulyadi prihatin dengan video di Youtube yang berisi anak kecil merokok dan berbicara cabul. SW, bocah yang belum genap 4 tahun, itu mengalami tiga kekerasan sekaligus.

“Sudah secara psikologis diajari sesuatu yang tidak sesuai umur, dia juga diajari sesuatu yang membahayakan kesehatannya yaitu merokok,” kata pria yang akrab disapa Kak Seto ini saat berbincang dengan detikcom, Rabu (31/3/2010).

Yang lebih parah, SW juga mengalami kekerasan yang disebut eksploitasi anak. Dengan tingkah polah SW yang tidak biasa itu, orang-orang jadi ingin melihat.

“Lalu terjadilah eksploitasi. Ini memprihatinkan,” kata Kak Seto.

Lalu siapa yang salah? Kak Seto mengaku tidak ingin menyalahkan orang tua sepenuhnya. Menurutnya, kondisi lingkungan tempat SW tinggal juga sangat berpengaruh.

“Menyalahkan orang tua sepenuhnya tentu juga tidak bisa. Kita harus lihat apakah lingkungannya juga membiarkan atau tidak,” kata Kak Seto.

Video yang memperlihatkan SW sedang merokok dan berbicara kotor muncul di Youtube dengan ‘Anak Kecil Berbicara Kotor Dan Merokok! Dari Surabaya!’. Di dalam video berdurasi 3.29 detik itu, SW tampak menjawab pertanyaan sejumlah orang dewasa yang merekamnya.

SW tampak sangat fasih merokok. Buktinya, balita itu bisa mengeluarkan asap rokok dengan bentuk menyerupai cincin. SW juga sangat lugas menyebut alat kelamin perempuan dan laki-laki. Sementara sejumlah orang dewasa di sekitarnya tertawa terbahak-bahak.

Ambil Dolar Anda di sini

Ambil Rupiah Anda di sini

~ oleh Thomas pada Maret 31, 2010.

27 Tanggapan to “Umur 4 tahun sudah merokok ??????”

  1. sangat disayangkan generasi kita..tapi udah direhabilitasi kok sahabat..minta tolong untuk dishare yg baru donk..dan sekarang kabarnya udah pandai mengaji..

    salam sahabat,

  2. rah bangat 4 tahun sudah merokok besar narkoba kali ya

  3. MEROKOK SANGAT TIDAK BAIK UNTK JANTUNG KTA, APALAGI DIUSIA YG SNGT MUDA(4 THN)

  4. Pada ngomong apa sih? Bagi pelakunya, merokok itu sah sah saja. Tapi sayangnya say bukan perokok. Saya tidak mau berkomentar. Hanya buat sodara-sodara, kalo punya anak, jagalah mereka (anak-anak kita) mulai roko, miras, dan pergaulan bebas yang saya rasakan kini telah mewabah.

  5. wah, aku yg udh gede aja gk brani ngerokok,😀
    kasihan kamu dek,,,,,

  6. saya juga pernah mendapat video ini, saya orang malang dan paham benar yang dia katakan, kasian,,,

  7. Yang salah sebenarnya tentu orang tuanya,karna gak pandai mendidik anaknya,gw aja waktu SMA kalau ketauan merokok langsung di gampar,karna ortu gw gak ingin uang sekolahan abis untuk beli rokok,tpi gw tetap merokok pastinya,tapi tidak sepengetauan ortu gw pastinya,karna merokok itu sebagian dari iman eeh.. Sebagian dari pergaulan maksudnya,hehehehe

  8. wah2… ini calon pemuda indonesia

  9. Ini miris sekali …

    (celakanya saya tidak tau mau menyalahkan siapa …)

  10. ya elah..
    lo gt kurangi jatah rokonya hehe

  11. ud muncul jg britanya d tipi…
    apa kata dunia lo muncul ank 4 lagi yg bs ngeroko..
    jd mohon jgn jd SMOKER lah…

  12. dukung fatwa haram rokok!!! daripada banyak anak-anak balita yang kayak SW ini…

  13. gile nih ikutan mereaikan fatwa rokok haram kali itu yeh bocah😀

  14. MasyaAllah ….

  15. apak jo amak kalera tu mah…
    ketek2 lah nyo ajaan marokok….

  16. aduh.. CABUT DONG HAK ASUH DARI IBUNYA.

  17. wah
    baru 4 tahun sudah meroko apa lagi sudah besar ????

  18. mau dikemanakan masa depan bangsa ini ke depan??

  19. Huft.t.t.t.t.t.t.
    Cm bisa istgfar . . .
    Q ngliat nag eSeMPe yg pd ngrokok ja dah ilfill. . .eh nie mlh umur 4 thun. . . .
    Low jd adekq ci dah q mrahin. . . Lah bp’q ja klow ngrokok q mrhin og . . . .

  20. Gila indonesia. Kalau memang jelas seperti itu, sudah saatnya untuk menyeret yang terlibat ke meja hijau pak. Memalukan negara tuh dimata luar negeri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: