Peluang MU Perbaiki Sejarah di Muenchen

Sah-sah saja menyebut Manchester United punya kenangan manis melawan Bayern Muenchen di Liga Champions. Namun, sejarah itu terjadi di Camp Nou, bukan di kandang Bayern.

Rasanya kurang lengkap jika menyebut pertemuan Bayern dan MU hanya soal memori final Liga Champions pada 1999. Final di Eropa selalu berlangsung sekali tarung, tetapi perempat final memainkan dua leg. Dua laga itu akan dimulai di Fussball Arena, Selasa (30/3/2010) malam nanti.

Dalam sejarah pertemuan dua leg ini, “Die Roten” memiliki sejarah lebih baik dibanding “Setan Merah”. Bayern tak pernah kalah di Old Trafford, sementara “The Red Devils” tak pernah menang di Stadion Olimpade, markas bagi “FC Hollywood” hingga 2005. Dari tiga pertemuan keduanya di Muenchen, dua di antaranya seri pada fase grup dan sisanya dimenangkan tuan rumah pada perempat final 2001.

Keunggulan statistik di laga kandang itulah yang meyakinkan Pelatih Bayern Louis van Gaal terhadap peluang menang di kandang sendiri. Peluang yang hanya bisa didapat jika Bayern bermain kompak untuk meredam laju on-fire yang ditunjukkan Gary Neville dan kawan-kawan, terutama striker Wayne Rooney.

“Wayne Rooney adalah pemain yang benar-benar hebat. Akan sangat sulit membuatnya diam, tapi kami tak takut kepadanya,” kata Van Gaal seperti dikutip UEFA.com.

“Kami harus bermain sebagai sebuah tim untuk punya peluang. Kami bukan favorit, tapi kami main di kandang dan kami dapat bermain sangat baik di sini,” tambahnya.

Sayang bagi Bayern karena kekuatan tim itu sedikit terganggu oleh absennya beberapa pemain. Gelandang Arjen Robben masih belum pulih benar dari cedera betis. Cedera yang sama mengancam penampilan striker Mario Gomez meski ia kemungkinan besar masih dapat dimainkan. Adapun Bastian Schweinsteiger harus menjalani hukuman skors. Danijel Pranjic dan kapten Mark van Bommel juga harus bermain hati-hati karena satu kartu kuning lagi akan membuat mereka tercoret di laga kedua.

Berkebalikan dengan kondisi tuan rumah, United justru turun dengan pemain lebih komplet. Jonny Evans sudah bisa merumput kembali seusai pulih dari cedera paha. Meski demikian, peran bek tengah akan tetap diberikan kepada Nemanja Vidic.

Selain Anderson, Wes Brown, John O’Shea, dan Michael Owen, Pelatih Sir Alex Ferguson bisa menurunkan semua pemain yang dia daftarkan di Eropa. Rooney yang tak dimainkan dalam laga terakhir Liga Inggris sudah bisa tampil kembali dalam kondisi lebih bugar. Aksi Evertonian yang sudah mencetak 33 gol itu sangat dinantikan oleh Ferguson.

“Akan sangat penting mencetak gol. Wayne Rooney salah satu pemain terbaik di dunia dan menjalani musim yang luar biasa,” kata Ferguson.

“Saya harap dia akan mempertontonkannya lagi. Namun, kami punya banyak pemain lain yang fantastis. Manchester United tidak hanya Wayne Rooney,” tambahnya.

BAYERN MUENCHEN VS MANCHESTER UNITED
Fussball Arena, Selasa (30/3/2010)
Siaran langsung RCTI, Rabu (31/3/2010) pukul 01.45 WIB

Prakiraan formasi:
Bayern (4-4-2):
Butt; Lahm, Van Buyten, Badstuber, Alaba; Ribery, Van Bommel, Pranjic, Tymoshchuk; Gomez, Klose
Man Utd (4-4-2): Van der Sar; Neville, Ferdinand, Vidic, Evra; Valencia, Carrick, Scholes, Nani; Rooney, Berbatov

Perkiraan peluang:
Soccerstats:
1(32%) x (29%) x 2(39%)
KOMPAS.com: 50-50

Rekor pertemuan:
Bayern menang: 2
Imbang: 4
Man Utd menang: 1

Lima pertemuan terakhir:
13-03-2002: Man Utd 0-0 Bayern
20-11-2001: Bayern 1-1 Man Utd
18-04-2001: Bayern 2-1 Man Utd
03-04-2001: Man Utd 0-1 Bayern
26-05-1999: Bayern 1-2 Man Utd

Ambil Dolar Anda di sini

Ambil Rupiah Anda di sini

~ oleh Thomas pada Maret 30, 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: