Ranking ICT Indonesia di Bawah Vietnam

Ranking jaringan teknologi informasi dan komunikasi Indonesia ternyata masih kalah dengan negara-negara ASEAN lainnya, bahkan di bawah Vietnam. Demikian dilaporkan Forum Ekonomi Dunia dalam The Global Information Technology Report 2009-2010 yang dirilis 25 Maret 2010.

Menurut laporan itu indeks jaringan Information and Communication Technology (ICT), yang dikaitkan dengan beberapa hal diantaranya dukungan terhadap perkembangan ekonomi negara, ranking Vietnam ada di peringkat 54, sedangkan Indonesia pada posisi 67. Padahal, seperti yang dikutip dari laporan itu, Indonesia berada di dalam kelompok negara-negara berpendapatan menengah ke bawah (lower middle income), sementara Vietnam masih berpendapatan rendah (low income).

Selain Vietnam masih ada Singapura, Malaysia, dan Thailand yang berperingkat lebih tinggi dari Indonesia. Singapura berada di peringkat dua, Malaysia di peringkat 27, dan Thailand di posisi 47. Singapura termasuk dalam kelompok negara berpendapatan tinggi, Malaysia dengan pendapatan menengah, dan Thailand berpendapatan menengah ke bawah.

Laporan itu meliputi 133 negara di seluruh dunia dan bertujuan melihat peran teknologi informasi dalam bidang ekonomi, lingkungan hidup, dan pembangunan yang berkelanjutan. Swedia menduduki peringkat pertama negara dengan jaringan teknologi informasi terbaik di dunia, diikuti Singapura, Denmark, Swiss, dan Amerika Serikat. Kelima negara itu adalah lima negara dengan pendapatan tertinggi di dunia.

readbud - get paid to read and rate articles

~ oleh Thomas pada Maret 29, 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: