Kurang Nikmat, PSK Tolak Kondom Wanita

BLITAR — Para pekerja seks komersial atau PSK dari tiga lokalisasi di Kabupaten Blitar menolak memakai kondom wanita yang dibagikan gratis. Mereka mengaku dikomplain karena banyak pelanggan merasa kurang nikmat. Sementara itu, para PSK ini mengaku kesulitan saat menggunakannya.

Pembagian kondom wanita itu merupakan program dinas kesehatan dan Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) untuk menanggulangi penyebaran penyakit seksual dan menular.

Seperti disampaikan salah satu mucikari di lokalisasi Tanggul, Desa Pasirharjo, Kecamatan Talun, Ny Endah (40), para PSK di tempatnya mengaku kesulitan memasang kondom itu. “Juga banyak pelanggan yang komplain, tidak nyaman,” ujarnya, Rabu (3/3/2010).

Salah satu PSK di sana, sebut saja Nia (22), mengaku kesulitan setelah pernah mencoba memakai kondom wanita. Dia juga diprotes pelanggannya. “Masangnya susah. Selain itu, kalau berhubungan, pasangan sering merasa tidak nyaman,” akunya.

Kasi Pencegahan Penyakit dan Kesehatan Lingkungan (P2KL) Dinkes Kabupaten Blitar dr Hari Purwanto mengakui, dari sosialisasi awal dengan mengundang perwakilan PSK dan mucikari dari tiga lokalisasi, banyak yang keberatan dengan alasan sulit memakainya dan tidak nyaman. “Tapi ini kan baru pertama. Kalau sudah terbiasa menggunakan, kemudian paham pentingnya menjaga kesehatan, mereka akan bisa mengerti,” tutur Hari.

Dinkes bersama KPAD Kabupaten Blitar berencana untuk kembali menggelar sosialisasi kedua dengan terjun langsung ke lokalisasi. Mereka akan memberikan pelatihan cara memasang kondom wanita tersebut. Sebelumnya, mereka sudah melakukan pembagian gratis 1.992 kondom wanita kepada sekitar 200 PSK dan mucikari yang ada di Kabupaten Blitar.

“Sebenarnya hanya masalah kebiasaan, jadi butuh proses bagi PSK dan mucikarinya,” tandas Adi Purwadi, Asisten Koordinator KPAD Kabupaten Blitar.

Kondom wanita yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat ini terbuat dari bahan karet berbentuk silinder dengan diameter antara 5 dan 7 cm serta memiliki panjang 20 cm. Di kedua ujungnya terdapat ring atau gelang karet.

“Kalau memang ada komplain, kemungkinan adanya rasa berbeda ketika terkena sambungan karet pada kondom,” ungkap Adi sambil menunjukkan sambungan pada kondom yang masih impor dari London, Inggris, tersebut.

Pembagian kondom wanita itu sebagai alternatif dari alat kontrasepsi sejenis untuk kaum laki-laki yang enggan menggunakan kondom dengan alasan tidak mau repot.

~ oleh Thomas pada Maret 26, 2010.

2 Tanggapan to “Kurang Nikmat, PSK Tolak Kondom Wanita”

  1. sebenarnya tu cari duit ato cari kenikmatan ya?
    kalo sekedar cari duit, disarankan pake kondom harusnya mau.
    toh buat masa depan kesehatan juga🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: