Kondom Gratis untuk Masyarakat Bantul

BANTUL— Sejak setahun terakhir pemerintah menyediakan kondom gratis di 14 apotek. Apotek tersebut tersebar di lima kecamatan, yakni Sewon, Banguntapan, Bantul, Pleret, dan Piyungan. Rencananya, penyediaan kondom akan terus diperluas ke seluruh kecamatan.

Di Bantul, angka kepesertaan KB pria baru sekitar 6,2 persen yang sebagian besar menggunakan kondom. Selama ini pertumbuhannya cenderung stagnan. Masih banyak yang enggan ber-KB karena alasan kesulitan mendapatan kondom, apalagi perlu merogoh sedikit kocek.

“Setiap pengambil (kondom) harus menunjukkan identitas KTP. Dari KTP bisa diketahui, apakah yang bersangkutan sudah menikah atau belum. Jadi, tidak sembarangan orang yang bisa mengambil,” kata Saebani, Kepala Bidang KB dan Kesehatan Reproduksi Badan Kesejahteraan Keluarga Kabupaten Bantul, Kamis (25/3/2010).

Tingkat partisipasi KB pria di Bantul tercatat 6,2 persen, sementara di DI Yogyakarta partisipasinya tercatat 5 persen. Angka partisipasi KB pria secara nasional jauh lebih rendah, yakni 1,9 persen. Di Bantul, jumlah aseptor KB pria dengan metode kondom tercatat 7.008 orang

~ oleh Thomas pada Maret 26, 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: