Daftar Istilah Multitier System

Client

Sebutan untuk mengatur komputer dalam jaringan (node/simpul) yang mengambil data/informasi dari komputer lain (server).

Client-Server System

Suatu bentuk arsitektur dimana client adalah perangkat yang menerima yang akan menampilkan antarmuka pemakai dan menjalankan aplikasi (komputer ) dan server adalah  perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, data dan keamanannya (server atau mainframe).

Client/Server SQL Interaction

Digunakan untuk melewatkan permintaan SQL  dan data terkait dari suatu komponen (biasanya yang ada di client) ke komponen lain (biasanya DBMS di server). Mekanisme ini terbatas pada aplikasi RDBMS saja.

Client/Server Application

Adalah suatu aplikasi terdistribusi yang terdiri dari sebuah server portion (back end), di mana sebagian besar dari pengolahan dan penyimpanan dilakukan, dan sebuah client portion (front end) yang menyediakan user interfacenya.

Cara kerjanya :

Dalam model client/server, suatu aplikasi dipecah menjadi sebuah komponen front-end client dan sebuah komponen back-end server. Bagian front-end client dari aplikasi dijalankan pada workstation dan menerima data yang dimasukkan oleh user. Komponen client kemudian mempersiapkan data untuk server dengan melakukan  preprocessing dalam beberapa cara, dan kemudian mengirimkan informasi yang telah  diproses kepada server, biasanya dalam bentuk request/permintaan untuk beberapa pelayanan. Komponen back-end server menerima permintaan client, memprosesnya, dan mengembalikan informasi kepada client. Klien menerima informasi tersebut dari server dan menampilkannya kepada user melalui user interface.

Contoh aplikasi client/server adalah aplikasi Web yang dirancang untuk Internet Information Services (IIS) yang menggunakan kombinasi server-side Active Server Pages (ASP) programming dan client-side scripting. ASP script dijalankan pada Web server, sedangkan client-side script dijalankan pada client Web browser.

Data

Kumpulan dari angka-angka maupun karakter-karakter yang tidak memilii arti. Data dapat diolah sehingga menghasilkan informasi.

Database

Adalah sekumpulan file yang saling terkait dan membentuk suatu bangun data. Database minimal terdiri dari satu file yang cukup untuk dimanipulasi oleh komputer sedemikian rupa.

Adalah sekumpulan file yang digunakan untuk menyimpan record/catatan informasi, masing-masing berisi berbagai bidang data. Tipe database yang paling popular adalah Relational Database, di mana arsip disimpan dalam bentuk tabel yang dihubungkan  satu sama lain dengan menggunakan primary dan foreign key.

Primary key adalah bidang pada setiap record/ catatan yang secara unik  menggambarkan record/ catatan itu.

Foreign key adalah bidang dalam tabel lain yang sesuai/cocok dengan primary key tabel, yang kemudian menciptakan hubungan antara keduanya. Sebuah aplikasi untuk menciptakan dan mengatur Relational Database disebut Relational Database Management System (RDBMS).

Database Admnistrator

Orang yang bertugas untuk mendefinisikan pola struktur database,  menentukan metode akses dan penyimpanan, berwenang memberikan ijin pengaksesan data pada pengguna, dan lain sebagainya.

Database Information Utility

Layanan penyediaan informasi yang ditawarkan sebuah basis data jaringan sehingga pengguna jaringan bisa mendapatkan laporan informasi yang diinginkan.

Database Management

Pengelolaan data dalam suatu basis data, cara memasukkan data dalam database, memperbaharuinya dan menyajikan informasi dari data tersebut.

Database Channel

Saluran dua arah yang menghubungkan alat masukan/keluaran dengan memori utama komputer sehingga mampu memproses lebih dari satu tugas.

Database Manager

Orang yang bertanggungjawab mengawasi pengelolaan basis data. Tugasnya antara lain berintreraksi dengan file, memastikan backup data dan perbaikannya, menjaga keamanan data, dll.

Database User

Sebutan bagi para pengguna basis data. Terdapat bermacam-macam tingkatan pengguna basis data, yaitu specialised user, naïve user, casual user, dan application programmer.

Database Collection

Salah satu bidang operasi komunikasi data, yaitu kegiatan pengumpulan data dari beberapa tempat, kemudian disimpan dalam memori untuk diolah pada waktu tertentu. Misalnya aplikasi sistem penjualan.

Database Server

Client mengirim permintaan SQL ke server yang kemudian ditransmisikan sebagai pesan lewat jaringan. Server mengolah permintaan SQL dan mencari informasi yang diminta, lalu mengirim hasilnya ke client

DBase

Software buatan Ashton Tate. Dengan DBase, pengguna dapat membangun, mengakses, mengolah dan membuat laporan dari file-file buatannya sendiri.

DBMS (DataBase Management System)

Program yang memungkinkan item-item dalam suatu database disusun, diolah dan diperbaharui.

DDBMS (Distributed DataBase Management System)

Program pengelolaan database yang mampu melakukan pengaksesan pada beberapa database sekaligus.

Distribute File Service (DFS)

Teknik pendistribusian file buatan Open Software Foundation yang dapat digunakan dengan TCP/IP.

Distributed Application

Adalah program aplikasi yang memiliki kemampuan untuk dijalankan pada beberapa sistem yang berbeda.

Adalah program aplikasi yang terdiri dari dua atau lebih bagian yang dijalankan pada mesin yang berbeda tetapi bertindak secara bersama-sama. Dalam skenario yang paling sederhana, bagian user interface dijalankan pada client, sedangkan bagian processor-intensive atau storage-intensive dijalankan pada server. Pendistribusian aplikasi jenis ini disebut Client/Server Application. Contoh meliputi yang berikut:

  • Microsoft Exchange Server (back end) sebagai mail server pos dengan user yang menggunakan Microsoft Outlook (front end) pada mesin client mereka
  • Microsoft Akses (front end) sebagai interface untuk mengakses informasi database yang disimpan dalam Microsoft SQL Server (back end)
  • Sebuah aplikasi Web yang ditulis menggunakan Active Server Pages (ASP) untuk Internet Information Services (IIS) (back end) yang kemudian diakses dari mesin client menggunakan Microsoft nternet Explorer

Distributed Database

Gabungan dari beberapa repositori data yang bermacam-macam yang nampak sebagai sebuah database tunggal.

Adalah data yang membentuk database disebarkan lewat server dan client. Sehingga client harus mendukung komponen software manajemen data dan aplikasinya serta komponen GUI.

Distributed Processing

Mengerjakan semua proses pengolahan data secara bersama antara komputer pusat dengan beberapa komputer yang lebih kecil dan saling dihubungkan melalui jalur komunikasi. Setiap komputer tersebut memiliki prosesor mandiri sehingga mampu mengolah sebagian data secara terpisah, kemudian hasil pengolahan tadi digabungkan menjadi satu penyelesaian total. Jika salah satu prosesor mengalami kegagalan atau masalah yang lain akan mengambil alih tugasnya.

Distributed Sort

Prosedur pengurutan yang membagi elemen data dalam dua atau lebih kelompok tersendiri atau sebuah subset. Misalnya portition sort.

Distributed Presentation

Pada sistem client/server ini, logika database dan logika aplikasi tetap ada pada server, yang biasanya berupa mainframe. Server juga berisi logika untuk mempersiapkan informasi layar, dengan menggunakan software seperti CICS. Sedangkan software yang berbasis PC digunakan untuk mengubah informasi layar yang berdasar karakter yang dikirim dari server ke penyajian GUI di PC.

Distribution Server

Biasanya, setiap server berisi file sumber untuk suatu produk perangkat lunak dan itu digunakan untuk melakukan remote Installation. Sebagai contoh, jika kita  ingin melakukan remote installation Microsoft Windows NT Workstationng] pada client, kita dapat mengcopy folder I386 dan Drvlib dari CD ke sebuah folder yang disebut NTWKS pada file server kita, dan kemudian folder ini di share/dibagi.

Tips :

Ketika kita mengcopy file dari CD ke sebuah folder pada server, gunakan xcopy command atau jika kita memakai Windows Explorer, pilih View Menu, Option lalu pilih Show All Files, karena jika tidak, beberapa hidden files tidak akan dicopy, dan instalasi akan gagal.

Domain Name Service

Sistem database terdistribusi yang tidak akan banyak terpengaruh oleh bertambahnya database

Distributed Logic

Client diserahi semua tugas presentasi user dan proses yang berhubungan dengan entry data seperti validasi tingkat field, formulasi query server, dan informasi serta permintaan pemberuan server. Server diserahi tugas manajemen data dan proses untuk query-query client, update file server, kontrol versi client, dan enterprise-wide application

File Sharing

Kemampuan suatu jaringan untuk mengijinkan pemakaian file oleh beberapa pengguna pada saat yang bersamaan.

File Server

Software dalam suatu sistem jaringan yang memungkinkan penggunaan file-file yang disimpan dalam server oleh sistem jaringan lain.

Adalah proses dimana client meminta record spesifik dari suatu file. Server mengirim record tersebut ke client lewat jaringan

Groupware Server

Groupware ini muncul saat server menyediakan serangkaian aplikasi yang memungkinkan adanya komunikasi antar client (dan user-nya) dengan menggunakan text, image/citra, bulletin board, video dan bentuk lain.

Middleware

Tujuan Middleware adalah agar program-program yang ada pada struktur three-tier dapat digabungkan bersama-sama. Middleware berperan penting dalam arsitektur three-tier, karena middleware inilah yang menghubungkan ketiga tier (three-tier) tersebut

Fungsi dari Middleware adalah menghubungkan program yang berjalan pada platform yang berbeda agar program yang berjalan pada platform yang berbeda tersebut dapat saling mengirimkan pesan dan data

Microsoft SQL Server

Adalah Enterprise-Level RDBMS dari Microsoft. Database dari SQL Server disimpan pada sebuah komponen. Masing-masing komputer yang  menjalankan SQL Server mempunyai empat sistem database ditambah satu atau lebih database dari user yang terinstall. Sistem databasenya adalah sebagai berikut:

  • The Master Database, yang digunakan untuk mencari system-wide information
  • The Tempdb Database, yang digunakan sebagai penyimpanan sementara dan memilih jenis operasi.
  • The Model Database, yang merupakan sebuah template untuk membuat database baru.
  • The Msdb Database, yang digunakan untuk menyimpan data sistem dan membukukan transaksi dan juga untuk mendukung pelayanan SQL Server Agent dan penjadwalan informasinya. Msdb Database disimpan dalam dua komponen, yaitu Msdbdata System Device dan Msdblog System Device.

Catatan :

Istilah “database” mempunyai maksud/arti berbeda untuk vendor berbeda. Pada produk Oracle, sebagai contoh, “database” mengacu pada keseluruhan Oracle DBMS environment. Dalam SQL Server, database menyediakan sebuah logical separation dari data, aplikasi, dan mekanisme keamanan, sedangkan pada Oracle separation  ini dicapai melalui penggunaan “tablespaces.”

Remote Presentation

Merupakan perluasan dari Distributed Presentation, pada proses ini, database primer dan logika aplikasi berada di server, dan data yang dikirim oleh server kemudian digunakan oleh client untuk menyiapkan presentasi user.

Remote Data Management

Aplikasi pada server menciptakan sumber data baru dengan memformat data  yang diekstrak dari tempat lain. Aplikasi yang ditempatkan pada client dipakai untuk mengolah data baru yang sudah diformat oleh server.

Remote Procedure Calls

Memungkinkan satu proses menimbulkan pelaksanaan proses atau modul lain yang ada pada mesin yang berbeda-beda.

Adalah sebuah teknologi message-passing programming yang dikembangkan oleh Sun Microsystems dan diperluas oleh Open Software Foundation (OSF) yang mengijinkan sebuah aplikasi untuk melakukan prosedur dan saling berhubungan dengan pelayanan pada sebuah remote computer pada suatu jaringan.

Remote Procedure Calls (RPC) adalah metode yang baik dalam pengadaan pemrosesan client/server pada platform Microsoft Windows 2000 dan Windows NT, sebuah implementasi dari Microsoft dari fungsi RPC ini adalah lebih kompatibel dengan implementasi yang lain, seperti  untuk IBM AIX, HP-UX, dan system operasi Sun Solaris.

Cara kerja :

Kita menggunakan RPC untuk memindahkan pesan antar komponen dalam sebuah distributed application yang ditempatkan pada  komputer yang berbeda dalam sebuah jaringan. Ketika Local Procedure Call (LPC) menyediakan mekanisme untuk memungkinkan dalam membedakan bagian-bagian dari suatu aplikasi yang ditempatkan pada sebuah single computer untuk berkomunikasi dengan satu sama lain, RPC  melibatkan komunikasi antara komputer berbeda. RPC juga menggunakan beberapa variasi dari mekanisme Inter Process Communication (IPC) seperti pipe,  mailslots, Windows Sockets, dan Netbios untuk menetapkan koneksi antara komponen RPC client dan RPC server pada mesin yang berbeda .

Server

  1. Sebuah komputer di Internet atau di jaringan lainnya yang menyimpan file dan membuat file tersebut tersedia untuk diambil jika dibutuhkan.
  2. Sebuah aplikasi jaringan komputer yang digunakan untuk melayani banyak pengguna dalam satu jaringan.

Systems Management Server Database Manager

Adalah sebuah komponen dalam Microsoft Systems Management Server (SMS) untuk mengatur  dan memelihara database SMS. Kita dapat menggunakan SMS Database Manager untuk :

  • Menghapus salinan, data lama, atau data tak terpakai dari database
  • Menghapus Group Classes, Collected Files dan arsip yang tak terpakai untuk memanfaatkan ruang databasenya]
  • Menetapkan pilihan untuk kelompok yang ditunjukkan  dalam jendela Personal Computers Properties

SMB

Protokol yang dipakai untuk membaca, menulis dan mengalihkan file dari server ke client pada suatu sistem jaringan. Protokol ini dapat beroperasi di atas TCP/IP, IPX, NetBEUI, ,Windows NT, Windows 9X, dan lain-lain.

Transaction Server

Client mengirim permintaan yang membangkitkan prosedur remote pada tempat server. Prosedur remote dapat berupa serangkaian statement SQL. Transaksi berlangsung ketika permintaan tersebut menyebabkan prosedur remote dan transmisi hasilnya sampai kembali ke client

~ oleh Thomas pada Maret 26, 2010.

Satu Tanggapan to “Daftar Istilah Multitier System”

  1. salam.. thks sudah posting artikel yang sangat bagus ini…
    setelah saya membaca, dalam artikel anda terdapat istilah “SERVER PORTION dan CLIENT PORTION” … bisa dijelaskan ttg “SERVER PORTION dan CLIENT PORTION” ?? Terima Kasih …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: