Sakit Kepala Berawal dari Gangguan Telinga

SAKIT kepala atau pusing bisa disebabkan banyak hal. Menurut penelitian, penyebab pusing berasal dari gangguan telinga atau disebut juga dengan meniere syndrom.

Hampir semua orang, entah itu laki-laki maupun perempuan pernah merasakan sakit kepala. Penyakit ini bisa diawali dengan rasa di kepala yang berputar-putar disertai nyeri seperti ditusuk-tusuk jarum. Atau ada juga yang merasakan pusing mendadak. Misalnya sewaktu bangun dari duduk, seusai jongkok atau setelah membungkuk ketika mengambil sesuatu yang jatuh di lantai. Sakit kepala mendadak yang berlangsung hanya beberapa detik ini, biasanya diawali dengan penglihatan yang menjadi gelap sebelum akhirnya terang kembali.

Saking umumnya rasa pusing di kepala, membuat penyakit ini banyak diabaikan. Memang sakit kepala ini bisa disebabkan banyak hal. Salah satunya gangguan pada telinga atau disebut juga dengan meniere syndrom. Dari beragam jenis sakit kepala, meniere syndrom menduduki peringkat pertama yaitu sebanyak (22 persen) sebagai penyebab utamanya. Sementara benign paroxysmal positional vertigo (BPPV) sebanyak 16 persen. Selanjutnya adalah radang pada saraf vestibulum (7 persen), dan gangguan pendengaran mendadak (4 persen). Selebihnya disebabkan gangguan pada otak atau tidak diketahui penyebabnya secara pasti pada saat diperiksa.

Meniere syndrom terjadi karena memburuknya metabolisme cairan pada bagian dalam telinga sehingga bagian dalam telinga menjadi berair. Ciri dari meniere syndrom adalah kepala terasa berputar hebat sampai penderita tidak mampu berdiri,” kata spesialis THT Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Dr Azwir Nasution, beberapa waktu lalu.

Keadaan kepala terasa berputar hebat itu bisa berlangsung selama kurang lebih 30 menit. Pada kasus berat, dapat berlangsung sampai setengah hari. Meniere syndrom terjadi secara tidak menentu dan dapat mengakibatkan kerusakan pada waktu mendatang. “Bahkan, banyak kasus penderita akhirnya kehilangan pendengaran,” katanya. Menurut dokter berkacamata minus tersebut, meniere syndrom banyak dialami orang-orang dengan usia produktif, terutama 30 hingga 60 tahun. “Penyakit ini juga identik dengan stres dan rentan diidap orang yang serius dan perfeksionis. Itu karena mereka menganggap segala sesuatu sebagai hal yang serius dan itu memberikan ketegangan penyebab stres,” tuturnya.

Gangguan pada pendengaran yang terjadi secara mendadak sering kali sulit dibedakan dengan meniere syndrom. Akan tetapi, pada gangguan pendengaran yang terjadi secara mendadak, biasanya hanya terjadi sekali.

Meniere syndrom, menurut dia, juga agak sulit dibedakan dengan BPPV atau vertigo. Ini karena vertigo juga merupakan salah satu jenis pusing yang juga berasal dari gangguan pada telinga. “Beda meniere syndrom dengan vertigo adalah meniere syndrom tidak disertai dengan telinga mendenging. BPPV terjadi akibat adanya pengelupasan pada bagian dalam vestibulum, lalu masuk ke semicircular canal yang terletak di bagian dalam kuping,” sebutnya.

Infeksi vestibulum sering terjadi setelah penderita sembuh dari masuk angin. Dalam kasus semacam ini, diperkirakan penyebabnya adalah infeksi yang disebabkan virus. Pada kasus pusing alias kepala berputar dengan hebat, dapat berlangsung selama beberapa hari.

Itu terjadi ketika fungsi semicircular canal, baik pada telinga kanan atau kiri menurun, pada saat tubuh melakukan gerakan tertentu, akan disampaikan ke otak kecil informasi mengenai adanya gangguan pada salah satu bagian. Selanjutnya, seluruh anggota tubuh akan mengatasi gangguan tersebut dan berusaha untuk menjaga kestabilan tubuh.

Tidak hanya terbatas pada meniere syndrom, sebagian besar orang takut bila pusing yang dialaminya akan menjadi buruk sehingga mereka tidak bisa menggerakkan tubuhnya sama sekali. Justru pemikiran inilah yang menyebabkan memburuknya situasi. Selain itu, pusing juga berhubungan dengan saraf otonom sehingga diperlukan gerakan-gerakan untuk melatih saraf otonom tersebut.

Ada banyak cara untuk menghindari sakit kepala, yaitu dengan rajin berolahraga, terutama berenang. Ketika berenang, selain seluruh tubuh bergerak, kulit akan mendapatkan rangsangan yang cukup dari suhu air dan tekanan air. “Setelah dokter menerangkan kalau saya terkena meniere syndrom, saya akhirnya memutuskan untuk rajin berolahraga. Sekarang saya hanya satu bulan sekali memeriksakan diri untuk pemeriksaan rutin,” kata seorang pasien THT di RSCM, Sri Wahyudi.

About these ads

~ oleh Thomas pada April 3, 2010.

16 Tanggapan to “Sakit Kepala Berawal dari Gangguan Telinga”

  1. sdh bbrp hari ini… Klo kondisi sunyi senyap sy selalu mendengar dengungan di telinga kiri dan kepala sebelah kiri seperti njarem.. Pegel… Kira-kira knp y dok??? Sy takut sekali untuk memeriksakannya k dokter terimakasih

  2. assalamualaikum.nama saya sova..seminggu terakhir ini telinga sebelah kiri saya berdengung….hingga saya tidak bisa mendengar dengan jelas….kepala sebelah kiri saya selalu sakit…..dak ketika saya berdiri dari dudukk….kpala pusing pengllihatan gelap dan seolah olah duni sedang berputar…..saya blum memeriksakanyya…..saya mohon jwabannya kira kira saya sakit apa?….apa saya harus segera ke dokter?…

  3. salam.. saya mengalami sakit telinga sebelah kiri lebih kurang sebulan. sekarang kes baru di hospital, doktor sudah buat pemeriksaan dan gegendang telinga saya doktor kata ok sedangkan setiap hari saya mengalami sakit kepala yang amat teruk. dulu saya pernah mejalani septoplasty disebabkan blok dlm hidung. adakah disebabkan saya selalu menghembus hingus menyebabkan saraf telinga saya beralih. saya amatlah risau….

  4. buat yg sakit kepala belakang minum saja rebusan jahe merah,pegagan,,

  5. dok sya mw nanya dok udah 1 blan ni tlinga saya sering berdenging dan kpla sakit sebelah kiri serta badan terasa goyang… penyakit apa ni dok.. mhon kejelasan na y dok….

  6. wah, rambutku rontok dan sering sakit kepala apalagi kalau tidur ky di tindih benda berat

  7. istri saya tadinya sakit di leher. ya kurang lebih 8 bulanan. pertama saya pikir karena kurang darah, karena memang saya cek tekanan darahnya di puskesmas terdekat, tekanan darahnya cuma 100 atau 90/70. nah lama-kelamaan, saya mulai curiga, kenapa setelah tekanan darahnya stabil 110/70 (usianya 21 tahun) kenapa malah sakit, nah mendekati bulan ke 11 sakitnya sekarang naik ke telinga dan kepala. kalau sakit, katanya seolah-olah kepala meletup-letup, telinga bagian dalamnya seolah-olah berdetak-detak kuat, sehingga tak tertahnkan.
    tolong pak Thomas, kira-kira ini gejalah apa ?

  8. nothing comment ?? barbefool”

  9. saya riyadi 31 th telinga kiri saya kurang mendengar sudah dibersihkan tapi tetap saja sampai saya vertigo

  10. Assalamualaikum,,nama saya nining..saya sudah 6 bulan lebih mengalami sakit di telinga kiri.Awalnya pembengkakan kemudian di sertai nanah dan terakhir darah selang sebulan semuanya kembali normal,tetapi itu tak berlangsung lama sakit telinga sy sring kambuh walau hanya beberapa detik disertai sakit kepala bagian belakang,leher dan pundak serasa pegal dan sekarang tangan saya sring baal awalnya shi cuma kesemutan tapi lama kelamaan baal tidak berasa apa-apa…dan terakhir penglihatan mata kiri ku mulai kabur..
    mohon penjelasannya,,,
    wassalam..

  11. Telinga tiba2 berdenging trs pendengaran semakin menurun…
    Apa ya penyebab’y,penyakit apakah ini,mohon dibantu

  12. assalamualaikum… wr.wb
    saya fitria umur 21th..
    sudah 3hari ini kepala saya sering,,rasa sprti ada yg mngikat kncang,dan pada telinga bgian dalam terasa sakit/sprti trtkan…
    kira2 knapa yahh…?
    tolong bantuan’nya… trims…

  13. assalamu alaikum….nama saya taufik.saya memliki gangguan telinga sejak kecil.dan saya belum prnah memeriksakan diri atas gangguan telinga saya..bagaimana cara mengatasi gangguan tellinga saya ini..krna saya tdak bisa mndgr klo orng berbicara dgn suara rendahxa..mohn solusixa

  14. dari urat di leher terasa tertarik sampai ke telinga.akhirnya kpala jd agk pusing,trlebih trasa berat dan sperti mengganggu daya kerja otak sehingga susah mengingat,mendengar org bicara dan kurangnya daya tanggap otak.itu yang saya rasa.tolong kasih solusinya y please.trims………

    • tebakan awal saya sbgai org awam.saya itu mengalami gangguan pd urat telinga yg mengakibatkan daya pendngaran dan merambat pd gangguan di otak saya.

  15. Nama saya liska.. saya sering mengalami sakit kepala di otak belakang / di belakang kepala. itu terjadi kalo saya sedang di depan komputer… kepala saya langsung sakit.. setelah itu timbul rasa mual dan beberapa menit kemudian muntah yang berlebihan. rasa lemas setelah saya muntah. Saya takut apa saya terkena kanker atau penyakit yang parah yang berhubungan dengan otak ?

    Tolong di bantu y pak Thomas

    Trims

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 44 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: